Gambar: Dorong Kotak

Nah, kalau begitu – ini dia. Seperti yang mungkin telah diantisipasi oleh para optimis abadi, regulator AS Komisi Perdagangan Federal telah kalah dalam kasusnya melawan Microsoft, yang berarti tidak akan ada perintah awal untuk mencegah penutupan akuisisi sebelum batas waktu 18 Juli. Dan secara dramatis, rumah kartu kemudian runtuh, dengan Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris secara efektif mengakui bahwa mereka akan kembali ke meja perundingan untuk melakukan negosiasi ulang dengan perusahaan Redmond.

Meskipun kami masih ragu untuk berbicara secara definitif – seluruh kisah ini telah menghasilkan lebih banyak liku-liku daripada film dokumenter Netflix yang sensasional – sepertinya pembelian $ 69 miliar sekarang berada di jurang. Dan oleh karena itu mungkin saat yang tepat untuk mempertimbangkan apa arti penutupan kesepakatan sebenarnya untuk PlayStation, dan kemungkinan langkah selanjutnya. Lagi pula, kita semua melihat kesepakatan ini melalui kacamata sebagai pemilik PS5 dan PS4, jadi ini layak untuk didiskusikan.

Dalam jangka pendek, jawabannya cukup jelas: sangat sedikit. Bahkan jika kesepakatan ditutup besok – dan itu tidak akan terjadi, karena pembuat Xbox masih perlu mengatasi masalah yang disebutkan di atas dengan CMA – akan membutuhkan banyak waktu bagi penerbit untuk diintegrasikan di bawah Microsoft. payung. Selain itu, Sony masih memiliki hak pemasaran untuk game Call of Duty tahun ini, dan perusahaan Redmond jelas berkomitmen untuk memastikan waralaba tetap multiformat setidaknya selama satu dekade.

Itu berarti bahkan di tahun 2033, Anda masih dapat memainkan Call of Duty di PlayStation – dan itu dengan asumsi franchise tersebut mempertahankan popularitasnya yang bertahan lama, karena jelas tidak ada jaminan itu akan terjadi. Adapun judul Activision Blizzard lainnya, Crash Team Rumble, Diablo 4, dan Overwatch 2 semuanya baru saja diluncurkan – dan sepertinya tidak ada perubahan yang akan dilakukan pada proyek dalam pengembangan, jadi Anda pasti dapat mengharapkan rilis lanjutan PS5 dan PS4 dari penerbit untuk setidaknya 18 bulan ke depan, jika tidak lebih.

Perlu dicatat bahwa terlepas dari skala monolitiknya, Activision Blizzard tidak benar-benar merilis banyak game di luar Call of Duty, dan ada alasannya: waralaba orang pertama perlahan menghabiskan semua sumber daya pengembangannya, dengan lusinan tim. sekarang ditugaskan untuk mempertahankan seri. Ada beberapa harapan dari penggemar Xbox yang paling antusias bahwa akuisisi ini akan mengantarkan era baru keluaran dari penerbit legendaris, tetapi tampaknya sangat optimis bagi kami – terutama jika Call of Duty yang terkenal sumber dayanya berat, seperti yang dijanjikan, sekarang akan diluncurkan. rilis di lebih banyak platform, seperti Nintendo Switch.

Tetapi jika tidak banyak yang akan berubah untuk PlayStation dalam jangka pendek, lalu di manakah apinya? Yah, itu adalah preseden yang ditetapkan oleh akuisisi ini – dan konteks di mana akuisisi ini berlangsung. Penting untuk diingat bahwa Microsoft telah membeli satu penerbit pihak ketiga tradisional di Bethesda, dan sekarang hampir menghabiskan $ 69 miliar untuk industri terbesar. Kami tahu itu memiliki mata yang tajam pada orang lain seperti Square Enix dan SEGA, meskipun pada akhirnya tidak menindaklanjuti.

Model bisnis Sony mengandalkan dukungan pihak ketiga yang kuat, karena melalui permainan inilah Sony memperoleh sebagian besar pendapatannya. Faktanya, semakin banyak PlayStation yang menghasilkan lebih banyak uang melalui transaksi mikro, dengan pembelian dalam game mendorong pendapatannya ke level rekor. Ini akan terus membuat perubahan substansial dari Call of Duty setidaknya untuk dekade berikutnya, tetapi model bisnis tradisionalnya berada di bawah ancaman jika lebih banyak waralaba pihak ketiga akhirnya menjadi eksklusif, dan perlu akal untuk menavigasi ini. masa-masa yang bergejolak.

Alasannya adalah karena, meskipun merupakan organisasi dengan kekayaan besar, raksasa Jepang itu tidak memiliki sumber keuangan untuk bersaing di arena bermain yang melibatkan Microsoft. Itu berarti akuisisi pembalasan tidak mungkin dilakukan, dan oleh karena itu ada adalah bahaya yang sangat nyata penerbit lain bisa direnggut. Meskipun diakui tidak mungkin, ini merupakan risiko potensial yang mungkin perlu direncanakan oleh PlayStation jika berniat untuk tetap mampu membayar selama beberapa dekade mendatang.

Model bisnis Sony saat ini beroperasi dengan margin tipis, di mana ia menghabiskan banyak uang untuk pemasaran guna memperluas basis penginstalan dan mendorong pendapatan lebih lanjut. Dalam skenario ini, harus digarisbawahi bahwa banyak dari proyek pihak pertamanya juga bertindak sebagai bentuk iklan merek: dokumen baru-baru ini mengungkapkan bahwa proyek eksklusif seperti The Last of Us: Part 2 dan Horizon Forbidden West menelan biaya pengembangan lebih dari $200 juta – dan angka-angka itu hanya akan meningkat.

PlayStation menginvestasikan jumlah yang luar biasa ini ke pengembangan pihak pertama karena game ini membantu menjual konsol PS5 dan PS4, tetapi model bisnisnya hanya bekerja dengan pendapatan yang dihasilkan dari game pihak ketiga untuk menopangnya. Ini adalah potensi jebakan yang sekarang dihadapi Sony: pembelian Activision Blizzard saja tidak mungkin berdampak secara dramatis, tetapi jika ini menjadi preseden di mana penerbit lain jatuh, maka pemegang platform bisa mendapat masalah.

Banyak yang berpendapat bahwa PlayStation dapat dengan mudah mengikuti rute Nintendo, di mana secara historis mampu menjual sistem hanya dengan kekuatan perangkat lunaknya sendiri. Namun, dengan rasa hormat terbesar pada keluaran pembuat Mario – dan terlepas dari game mana yang Anda sukai secara pribadi – ada jurang pemisah antara nilai produksi, katakanlah, Pikmin 4 jika dibandingkan dengan God of War. Seluruh hasil penerbitan Sony ditentukan oleh anggarannya yang besar.

Dan ada kerutan lain yang terbukti menjadi ancaman besar bagi status quo: Microsoft ingin Anda memainkan permainannya sebagai bagian dari langganan. Meskipun tidak ada bukti bahwa timbangan telah mencapai titik kritis – faktanya, adopsi konsumen atas layanan seperti Game Pass telah terhenti di Amerika Serikat – ada bahaya bahwa hal itu pada akhirnya dapat menghambat penjualan game harga penuh. Pada saat itu, PlayStation dapat menemukan dirinya dalam posisi di mana ia tidak memiliki pilihan lain selain meluncurkan gimnya ke PS Plus – semakin menambah masalah dengan model bisnisnya.

Tentu saja, semua ini hipotetis – dan berpotensi bertahun-tahun lagi. Itu juga mengasumsikan setiap penerbit yang dibeli akan mengikuti jejak Bethesda dan sebagian besar beralih ke eksklusivitas Xbox, di mana tidak ada jaminan bahwa itu akan terjadi. Hal positif untuk PlayStation, terlepas dari itu, adalah ia memiliki waktu di sisinya: model bisnisnya yang sangat sukses tidak akan runtuh dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan – jika memang demikian. Dan jika ada skenario di mana beberapa hasil yang diuraikan dalam artikel ini terjadi, ada banyak waktu untuk membuat rencana darurat dan melakukan pivot yang sesuai.

Jadi di sini dan sekarang, PlayStation sepertinya tidak akan terpengaruh oleh pembelian besar-besaran Microsoft atas Activision Blizzard. Namun, organisasi harus agresif, gesit, dan cerdas jika ingin mengatasi tantangan nyata yang dihadapinya. Mudah-mudahan itu bisa keluar dari skenario ini lebih kuat dan terus menghadirkan jenis permainan yang kita semua tahu dan sukai – tetapi naif untuk menganggap semuanya akan berjalan lancar mulai dari sini dan seterusnya.

Menurut Anda apa arti pembelian Activision Blizzard yang diusulkan oleh Microsoft untuk PlayStation? Apakah Anda khawatir dengan masa depan merek game Sony? Apakah menurut Anda semuanya akan keren? Dan apa yang harus dilakukan raksasa Jepang itu jika kesepakatan tercapai? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Apakah usulan pembelian Activision Blizzard oleh Microsoft menjadi perhatian untuk PlayStation? (488 suara)

  1. Ya, naif jika menganggap ini tidak akan memengaruhi bisnis Sony51%
  2. Mungkin, tapi butuh waktu bertahun-tahun sebelum kita melihat dampak yang nyata33%
  3. Tidak, ini tidak akan memengaruhi PlayStation dalam waktu dekat atau jauh 15%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *