Saya sangat bersemangat untuk memainkan Final Fantasy XVI selama berabad-abad, tetapi setelah mendengar tentang pengaruh Game of Thrones pada game tersebut, saya khawatir saya akan diliputi oleh pengetahuan fantasi yang padat. Meskipun pembangunan dunia bisa sesederhana membuat karakter dan kota fiksi, beberapa pencipta menyelam lebih dalam, membuat jajaran dewa, perang dan konflik selama ratusan tahun, dan bahkan seluruh bahasa. Meskipun hal itu membuat dunia lebih dapat dipercaya, akan sangat membingungkan bagi audiens untuk didorong lebih dulu ke lautan kata benda yang tidak dikenal, terutama sebelum mereka memiliki kesempatan untuk mengenal karakter dunia. Beruntung bagi saya, para pengembang di balik Final Fantasy XVI benar-benar mengantisipasi hal ini dan memperkenalkan sebuah solusi: mekanik Active Time Lore.

Selama cutscene apa pun di FFXVI, Anda dapat menahan touchpad pada pengontrol DualSense untuk menampilkan glosarium definisi dan biografi karakter yang relevan dengan momen tersebut dalam cerita. Sangat cocok untuk saat Anda lupa nama karakter atau ingin menyegarkan ingatan Anda tentang negara mana. Dan karena hanya membahas istilah yang relevan dengan momen itu di cutscene, itu dapat didekati dan dicerna, membatasi diri pada beberapa definisi pada waktu tertentu.

Saat diaktifkan di luar cutscene, pengetahuan waktu aktif akan memberi tahu Anda detail yang relevan tentang lokasi dan tempat Anda dalam cerita.

Pengetahuan waktu aktif juga memungkinkan saya untuk mengingat detail tertentu tentang dunia Valisthea FFXVI dengan mengaitkannya dengan gambar. Meskipun saya tidak memiliki masalah pendengaran, saya selalu mengaktifkan subtitle karena saya dapat memproses nama dan tempat dengan lebih mudah jika saya tahu cara mengejanya. Active Time Lore mengambil satu langkah lebih jauh dengan membiarkan Anda melihat istilah fantasi yang dimaksud.

Misalnya, nama negara disajikan dengan gambar bendera mereka, jadi saya dapat dengan cepat membuat asosiasi antara beberapa negara dan warna utama bendera masing-masing, meskipun saya hanya beberapa jam. Dan karakter selalu disajikan dengan gambar wajah mereka, jadi orang yang tidak pandai mengasosiasikan nama dengan wajah mungkin lebih mudah mengingat siapa siapa.

Mekanik Pengetahuan Waktu Aktif juga akan berguna jika Anda mengambil istirahat panjang dari permainan. Apakah Anda terpental atau hanya sibuk dengan hal-hal lain dalam hidup Anda, kapan pun Anda kembali, Anda dapat menyegarkan ingatan Anda tentang karakter dan acara penting jauh lebih cepat daripada judul Final Fantasy sebelumnya.

Untuk lebih mendalami dan mempelajari elemen cerita yang mungkin Anda lewatkan selama cutscene, Anda dapat mengunjungi Harpocrates dan Thousand Tomes miliknya di Cid’s Hideaway, hub yang ditemukan di awal game. Saat Anda mengunjunginya sepanjang petualangan, Anda dapat memberi tahu Harpocrates tentang hal-hal yang telah Anda lihat dan orang-orang yang Anda temui, dan dia akan memperbarui arsipnya sesuai dengan itu. Thousand Tomes tidak hanya memungkinkan Anda meninjau entri Active Time Lore, tetapi juga memberikan saran cepat untuk entri lain yang mungkin ingin Anda pelajari. Misalnya, entri untuk “Eikon” mungkin menautkan Anda ke “Dominan”, “Magic”, dan “Crystal”.

Secara teori, Anda bisa saja Google semua kata benda fantasi yang Anda perlu penyegaran, tapi saya senang menghindarinya. Pertama, ini jauh lebih nyaman. Meskipun hanya perlu beberapa detik untuk mengeluarkan ponsel saya, saya lebih suka memilikinya dengan satu ketukan tombol, terutama ketika saya tidak perlu menebak bagaimana mengeja kata-kata yang dibuat-buat. Internet juga penuh dengan spoiler. Bahkan sesuatu yang tidak berbahaya seperti mengetikkan nama karakter ke dalam mesin pencari seringkali akan langsung memberikan saran merusak adegan kematian atau alur cerita. Pengetahuan Waktu Aktif memperbarui entri saat Anda melanjutkan cerita, terkadang bahkan membuat entri untuk karakter yang belum Anda ketahui namanya.

Sistem Pengetahuan Waktu Aktif ini juga, yang terpenting, adalah mekanik yang sepenuhnya opsional. Jika Anda menikmati dicelupkan terlebih dahulu ke kumpulan negara dan karakter Valisthea, lebih banyak kekuatan untuk Anda! Anda tidak perlu menggunakan Pengetahuan Waktu Aktif, tetapi itu selalu menjadi pilihan jika Anda lupa negara mana yang merupakan Kadipaten, Republik, dan Kerajaan mana. Dan sementara ceritanya sepenuhnya dapat dipahami sebaliknya, ini memberi tim penulis sedikit lebih banyak ruang untuk menceritakan kisah itu tanpa banyak eksposisi.

Meskipun mungkin bukan masalah besar bagi sebagian orang, Active Time Lore adalah salah satu hal favorit saya tentang Final Fantasy 16 dan contoh bagus mengapa saya suka mengalami cerita melalui video game. Ini memanfaatkan sifat interaktif media untuk memperdalam pemahaman saya tentang cerita; ini bukan hanya cerita yang saya nikmati yang juga terjadi di video game, tetapi cerita yang saya nikmati karena terjadi di video game. Jangan salah – saya lebih menikmati Final Fantasy 16 karena mekanik ini. Mengetahui nama setiap karakter dan kesetiaan mereka benar-benar membantu saya melewati penghalang pengetahuan yang saya takuti dan berinvestasi dengan benar dalam plot.

Sekarang saya hanya perlu memikirkan cara meyakinkan From Software untuk menambahkan mekanik ini ke Elden Ring…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *