Bertahun-tahun yang lalu, Disney membentuk kembali pendekatannya terhadap game. Menyadari potensi untuk menghubungkan pemirsa globalnya dengan industri hiburan paling sukses secara finansial di dunia, ia mempekerjakan mantan bos portofolio PlayStation John Drake untuk memimpin divisi lisensi gimnya setelah bertahun-tahun kontrak Star Wars eksklusif dengan EA, ikatan film, dan rilis seluler.

Sejak saat itu, kami menerima game seperti Star Wars Jedi: Survivor dari Respawn Entertainment, Marvel’s Midnight Suns dari Firaxis Games, dan banyak lagi. Dan dengan game tambahan di cakrawala, seperti Star Wars Ubisoft: Outlaws dan Avatar: Frontiers of Pandora, masa depan game berdasarkan properti Disney terlihat cerah. Tetapi game-game itu, seperti kebanyakan yang menggunakan kekayaan intelektual Disney, diproduksi melalui pengaturan lisensi. Disney Illusion Island berdiri terpisah dari semua yang memiliki satu perbedaan utama: ini adalah yang pertama diterbitkan oleh Walt Disney Games, yang berarti itu bisa menjadi tak berguna pertama atau dipukul dengan tangan Disney langsung di atasnya.

© 2023 Disney

Setelah memainkan Illusion Island selama kira-kira empat jam selama pratinjau langsung eksklusif, termasuk 30 menit kerja sama 3 pemain, saya dapat dengan yakin mengatakan bahwa menurut saya Disney sukses. Kecuali jika ada sesuatu yang berubah secara drastis setelah tiga jam pembukaan game, penggemar Disney, platformer, dan Metroidvania siap menerima hadiah, dan anak-anak mereka juga.

Illusion Island indah, dengan gaya seni yang percaya diri dan unik antara estetika Mickey’s Toontown dan celana pendek Mickey Mouse yang luar biasa baru-baru ini yang telah berjalan selama satu dekade. Alhasil, cutscene di Illusion Island terasa seperti kartun Mickey Mouse. Secara gameplay, Mickey, Minnie Mouse, Donald Duck, dan Goofy terasa hidup. Sementara setiap karakter bergerak dengan kecepatan yang sama dan melakukan gerakan yang sama, perbedaan dalam animasi membuat masing-masing karakter terasa berbeda. Misalnya, Goofy terhuyung-huyung saat dia berdiri sementara Mickey bergerak seperti animasi klasik menjadi hidup. Karakter-karakter yang disuarakan oleh para aktor resmi menambah perasaan keaslian.

“Saya jelas menyukai hal-hal baru, tetapi ini adalah keseluruhan sejarah Mickey,” CEO Dlala Studios dan direktur Illusion Island AJ Grand-Scrutton memberi tahu saya, menjelaskan bagaimana seluruh katalog belakang Disney dari konten Mickey menginspirasi gaya visual game tersebut. “Saya penggemar berat barang-barang tahun 30-an dan 40-an di mana Mickey cukup nakal […] dan cukup nakal, melakukan hal-hal yang belum tentu dia lakukan sekarang.

“Kami harus menganimasikan empat karakter paling terkenal dalam sejarah dan itu sangat menyenangkan. Ada banyak animasi konyol di sana, tetapi yang terpenting bagi kami hanyalah kegembiraan.”

© 2023 Disney

Dlala juga menciptakan dunia baru untuk kanon Mickey yang lebih luas Pulau Ilusi disebut Monoth, lengkap dengan banyak karakter asli. Grand-Scrutton bergidik ketika saya bertanya tentang menambahkan kanon ikonik Disney. Dia mengatakan tidak ada kata yang membuatnya lebih takut daripada “kanon”, tetapi tim tersebut mencoba membuat “cerita yang luar biasa untuk dilanjutkan oleh Mickey Mouse dan teman-temannya”, dan jika itu direferensikan di tempat lain oleh Disney, dia “mungkin akan menangis selama dua minggu. langsung dari kebahagiaan.”

Grand-Scrutton, desainer utama Grant Allen, dan anggota tim lainnya yang saya ajak bicara memancarkan kegembiraan saat membicarakan permainannya. Tentu saja, Dlala telah mengerjakannya sejak menyelesaikan pengembangan Xbox’s Battletoads kebangkitan pada tahun 2020, dan itu adalah produk komersial tim, tetapi saya merasakan cinta yang tulus untuk Disney dalam setiap jawaban yang saya dapatkan. Dan tim mengetahui hal-halnya, mempelajari tidak hanya celana pendek dan film Mickey Mouse, tetapi seluruh etos yang mengelilingi karakter tersebut, dari sejarah hingga taman hiburan dan banyak lagi.

Memorabilia Bundle mengotori peta Metroidvania-esque Illusion Island, yang terbuka saat saya memperoleh kemampuan baru seperti peningkatan lompatan yang diperpanjang, lompatan dinding, dan pukulan tanah, yang membuka potongan sejarah Mickey Mouse yang dibuat ulang dengan gaya Dlala. Saya menemukan Pete’s Underpants dari The Prince and the Pauper tahun 1990-an dan lebih banyak lagi dari Lonesome Ghosts tahun 1937 (pendek Mickey Mouse favorit Grand-Scrutton).

© 2023 Disney

Selain menandai sejarah Disney dengan membawakan karakter dan alat peraga klasik baru, Dlala’s juga mengenang berbagai anggota studio beranggotakan 37 orang dengan kartu Tokun. Barang koleksi ini memberikan pengetahuan tentang karakter asli dan kreasi serta informasi tentang tim. Seorang seniman Dlala bernama Rachel diwakili oleh Keh, yang tinggal di Gizmopolis Monoth dan menarik semua orang yang masuk. Grand-Scrutton dengan gembira menjelaskan kisah di balik seni dan “pengetahuan” setiap karakter dalam game berdasarkan anggota tim Dlala berbeda yang saya temui.

Saat saya melakukan perjalanan dari Kota Terarium Pavonia, yang terasa seperti area Monoth yang lebih alami dibandingkan dengan perut mekanis Gizmopolis, saya menemukan kesenangan platform Pulau Ilusi. Jika ini merupakan indikasi, Pulau Ilusi lebih tentang kesenangan dalam eksplorasi daripada tantangan. Ada ribuan keping mata uang Glimt untuk diambil saat platforming melalui Monoth, dan semakin banyak yang Anda kumpulkan, semakin banyak pengetahuan yang Anda buka. Ada lusinan, bahkan ratusan, koleksi seperti Bundel Memorabilia dan Tokun untuk ditemukan juga.

Illusion Island tampaknya bukan pengalaman yang menegangkan. Tapi saya tidak akan mengatakan saya tidak mati, atau lebih tepatnya, “dicap”. Karena Mickey dan teman-temannya tidak bisa mati, menurut aturan Disney, mereka dicap dan diubah menjadi surat yang muncul kembali di berbagai pos pemeriksaan kotak surat.

© 2023 Disney

Ini tidak mengherankan, mengingat bagian penting dari target audiens adalah anak-anak. Tetapi ada fitur bawaan untuk membuat game lebih atau kurang menantang. Saat Anda memilih karakter, Anda memilih berapa banyak hati yang mereka miliki. Anda dapat memilih satu, dua, atau tiga, tetapi Anda juga dapat mengatur hati tanpa batas. Dalam multipemain, karakter dapat berpelukan untuk mendapatkan hati, melompat satu sama lain dengan gaya lompatan untuk membersihkan celah dengan lebih mudah, dan menjatuhkan tali ke pemain di bawah, membiarkan mereka melewati elemen platforming sama sekali, sesuatu yang mungkin akrab bagi penggemar Dunia Ilusi tahun 1992.

Dlala telah memasukkan beberapa fitur kualitas hidup di peta gaya “Mickeyvania” Illusion Island. Makhluk kecil yang oleh tim disebut sebagai hidizard tampaknya menunjukkan area tersembunyi telah dijelajahi. Ketika saya menemukan jalur yang belum bisa saya jelajahi, tanda tanya muncul di peta di lokasi itu. Ketika saya nanti mendapatkan kemampuan yang saya butuhkan, saya melihat penanda baru di sana yang menyerupai kemampuan yang saya miliki sekarang yang diperlukan untuk maju.

© 2023 Disney

Tanpa pertarungan tradisional, Allen memberi tahu saya Pulau Ilusi adalah tentang menguasai gerakan dan bahwa Dlala mencoba untuk menjaga keseimbangan antara kesenangan dan perkembangan kemampuan. Setelah memainkannya sendiri, itu berarti menemukan kegembiraan dalam kemampuan mekanik Pulau Ilusi. Ini bukan tentang berlari menaiki bukit musuh yang tak terhitung jumlahnya yang dirancang untuk membawa Anda keluar dengan kesalahan sekecil apa pun. Sebagian besar musuh yang saya temui tidak terasa seperti musuh tetapi hanya penduduk Monoth yang kebetulan bergerak dan bereaksi berbahaya.

Itu sampai saya mencapai bos pertama permainan: seorang pencuri yang memegang salah satu dari tiga buku tebal yang ditugaskan Mickey dan teman-temannya untuk mengambil demi kebaikan Monoth. Dia duduk di tengah layar dengan perisai. Alih-alih menyerangnya secara langsung, saya berpijak di atas pedang yang jatuh dan bahaya lainnya untuk sedikit lebih tinggi di panggung besar seperti arena. Ada tombol kuning yang saya lompati untuk menurunkan perisainya. Setelah perisai jatuh, bahaya yang jatuh dari atas merusaknya, dan setelah melakukan ini beberapa kali, dengan bahaya yang meningkat bagi saya untuk berdiri, pertarungan berakhir. Saya suka bagaimana pertarungan bos ini memberikan serbuan pertempuran tanpa menggunakan pertempuran secara langsung, dan saya berharap untuk melihat bagaimana Dlala mengatasi kekosongan itu di kesempatan lain.

“Saya benci pertarungan bos dalam game,” kata Grand-Scrutton. “Lebih mudah menyebut pertarungan bos terburuk Anda daripada favorit Anda, bukan? Jadi untuk visi kreatif kami […]kami membahas tujuan dari apa yang ingin kami capai dengan fitur ini [boss fight]. Ini adalah perasaan yang kami ingin pemain rasakan, dan kami mencuri banyak dari pendekatan Imagineering karena kami semua benar-benar ingin menjadi seperti Imagineers.

© 2023 Disney

“Saya pikir untuk apa kita punya [this boss fight] adalah bahwa itu perlu terasa seperti perwujudan dari level mini. Itu tentang melihat bos sebagai satu level layar daripada melihat bos sebagai musuh yang harus Anda kalahkan. Dan itu menjadi lebih tentang menggabungkan kemampuan dan gerakan menjadi sesuatu seperti teka-teki. Kami tidak melewatkan pertempuran. Rasanya benar, dan cocok dengan sisa permainan.

Bos ini dan semua yang saya mainkan di Illusion Island hadir dengan skor dari komposer David Housden, yang juga menyusun skor untuk Battletoads Dlala, dan saya sangat terkesan dengan apa yang saya dengar. Ini segera berkesan dan layak disiulkan dan tepat di rumah dalam katalog musik Disney yang luar biasa. Itu mengingatkan saya sebagian besar berjalan melalui Disney World’s Magic Kingdom, yang dimulai dengan imajinasi magis di Main Street sebelum menyelam ke genre lain saat Anda menyeberang ke tanah taman yang berbeda. Mempertimbangkan Illusion Island’s Monoth dibagi menjadi berbagai lahan dan bioma, mudah untuk melihat bagaimana pendekatan terisolasi Disney terhadap lahan taman hiburan menginspirasi desain Dlala dan skor Housden.

Tim ini jelas memiliki karakter Disney; ia mengetahui sejarah perusahaan yang luas dan berkesan dan memadukannya dengan platform yang lancar dan menyenangkan, dunia yang dinamis dan luas, dan tampilan baru namun dibuat dengan penuh cinta dari beberapa maskot paling populer di dunia. Sejauh ini, ini berfungsi di setiap level untuk saya, tetapi jenis game ini semuanya tentang eskalasi dalam eksplorasi, dan saya tidak akan dapat menilainya sampai Illusion Island mencapai Switch pada bulan Juli. Meskipun demikian, anggap saya senang menunggu dalam antrean antara sekarang dan rilis. Saya hanya berharap perjalanan penuh menunggu saya di sisi lain layak untuk ditunggu.

Artikel ini awalnya muncul di Edisi 357 dari Game Informer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *