Catatan editor: Posting ini adalah bagian dari seri NVIDIA Studio mingguan kami, yang menampilkan artis unggulan, menawarkan tip dan trik kreatif, dan menunjukkan bagaimana teknologi NVIDIA Studio meningkatkan alur kerja kreatif. Kami juga mendalami fitur, teknologi, dan sumber daya GPU Seri GeForce RTX 40 baru, dan bagaimana mereka mempercepat pembuatan konten secara dramatis.

The Portal: Prelude RTX gaming mod — remastering dari prequel Portal tidak resmi yang populer — hadir dengan teknologi full ray tracing, DLSS 3 dan RTX IO untuk grafis canggih bertenaga AI yang meremajakan mod legendaris untuk para gamer, kreator, pengembang, dan lain untuk mengalaminya lagi.

Nicolas “NykO18” Grevet, seorang insinyur perangkat lunak di balik Portal: Prelude, berkolaborasi dengan modder David “Kralich” Driver-Gomm untuk membuat proyek — yang diluncurkan hari ini sebagai unduhan gratis di Steam — menggunakan NVIDIA RTX Remix. Platform modding gratis memungkinkan pengguna membuat dan membagikan mod RTX dengan cepat untuk game klasik. Pelajari alur kerja keduanya minggu ini di NVIDIA Studio.

Selain itu, bulan ini, mitra kartu grafis akan mulai menawarkan GPU GeForce RTX 4060 Ti versi 16 GB, menampilkan arsitektur NVIDIA Ada Lovelace canggih yang meningkatkan aplikasi kreatif dan produktivitas sambil menghadirkan game imersif yang dipercepat AI dengan ray tracing dan DLSS 3. GPU sangat cocok untuk bekerja dalam adegan 3D yang lebih besar, mengedit video hingga resolusi 12K, dan menjalankan model dasar AI asli.

Semua ini didukung oleh Driver NVIDIA Studio Juli, yang mendukung pembaruan terbaru ini dan lebih banyak lagi, tersedia untuk diunduh hari ini.

Selain itu, tantangan komunitas NVIDIA Studio #StartToFinish sedang berlangsung. Gunakan tagar untuk mengirimkan tangkapan layar proyek favorit yang menampilkan tahap awal dan akhir untuk kesempatan ditampilkan di saluran sosial @NVIDIAStudio dan @NVIDIAOmniverse.

Portal Menuju Kreativitas

Portal: Alur cerita Prelude berputar di sekitar apa yang disebut Bentuk Kehidupan Genetik dan Sistem Operasi Disk, atau GlaDOS, AI yang dibuat oleh Aperture Science, perusahaan penelitian ilmiah fiktif yang menjadi kunci plot game aslinya.

Dengan bab tambahan, ruang ujian, tantangan, dan alur cerita yang diperpanjang, mod Portal paling populer sepanjang masa diakui oleh Mod DB dengan penghargaan “Mod of the Year”. Lihat trailer game asli di bawah ini.

“Para modder harus memakai banyak keahlian — mereka adalah desainer level, seniman 2D, penulis naskah, penulis, pengembang web, analis jaminan kualitas, dan banyak lagi lainnya secara bersamaan,” kata Grevet. “Ini menuntut ketahanan dan kemampuan beradaptasi.”

Pemetaan 3D di alat Valve’s Hammer.

Grevet dan Driver-Gomm mengubah Portal: aset lama Prelude beresolusi rendah menjadi aset baru beresolusi tinggi menggunakan RTX Remix. Kedua kreator menggunakan GPU Seri GeForce RTX 40, yang memungkinkan penelusuran sinar penuh dan DLSS 3.

Duo ini pertama kali mengumpulkan tangkapan layar 360 derajat dari seluruh level adegan dengan RTX Remix.

Selanjutnya, mereka menggunakan komponen RTX Remix yang disebut RTX Remix Runtime untuk merekam adegan game dan mengganti aset selama pemutaran sambil menambahkan teknologi RTX ke game tersebut, termasuk NVIDIA Reflex untuk respons latensi rendah.

“Kami dapat mengambil tangkapan layar 3D virtual dalam game dari suatu level dan semua asetnya, memuat tangkapan dalam RTX Remix, dan benar-benar mengganti setiap aset, tekstur, geometri, dan cahaya dengan fidelitas hingga 100x lebih tinggi menggunakan open-source 2D dan format 3D.” — Nicolas “NykO18” Grevet

“Kami sering bermain dengan peningkatan AI,” kata Grevet. “Itu sangat membantu dalam mengurangi pekerjaan awal dan memungkinkan fokus yang lebih tajam pada aset pahlawan yang membutuhkan lebih banyak perawatan langsung, seperti karakter dan model karakter yang tidak dapat dimainkan, serta tekstur yang besar dan dominan.”

Aset beresolusi lebih tinggi dalam format OpenUSD ini dibawa ke NVIDIA Omniverse, sebuah platform untuk menghubungkan dan membuat alat dan aplikasi 3D, melalui Blender Connector. Hal ini memungkinkan tim untuk menggunakan aplikasi 3D pilihan mereka untuk memodelkan geometri baru dan memiringkan tepian, semuanya dalam waktu nyata, dengan ketelitian ray-tracing penuh untuk pencahayaan dan bayangan ultra-fotorealistik.

Memodelkan lift barang dengan Omniverse Connector untuk Blender.

“Beberapa aset secara praktis dimodelkan dari awal, sedangkan yang lain – seperti pipa – sebagian besar hanya memiliki tepi yang miring sehingga poli lebih tinggi dan lebih halus,” kata Driver-Gomm.

Tim kemudian UV membuka aset, yaitu proses membuka jaring untuk membuat tekstur 2D yang dapat menyelimuti objek 3D untuk aplikasi tekstur dan bahan yang tepat.

Grevet dan Driver-Gomm kemudian pindah ke Adobe Substance 3D Painter and Sampler untuk membuat model render berbasis fisik berkualitas tinggi. Ini berarti gambar dibuat memodelkan lampu dan permukaan dengan optik dunia nyata. Filter yang dipercepat GPU mempercepat dan menyederhanakan pembuatan material, sementara oklusi ambien dan cahaya yang dipercepat RTX memanggang aset dalam hitungan detik.

Tekstur manusia hidup dibangun di Adobe 3D Substance Sampler.

Dengan semua aset yang ada, tim menggunakan RTX Remix untuk menukar yang lebih lama dengan model yang lebih baru dengan fidelitas lebih tinggi ini. Namun pembuatnya belum siap untuk berpuas diri — RTX Remix memungkinkan mereka untuk menyalakan kembali setiap level dengan pencahayaan yang realistis dan ditelusuri jalur.

Kit pengembangan perangkat lunak Faceposer Valve menghasilkan urutan koreografi yang mencakup ekspresi wajah, sinkronisasi bibir, dan animasi kerangka.

Hasil akhir Portal: Prelude RTX adalah “tahun cahaya di depan apa yang bisa saya lakukan sendiri,” kata Grevet. “Memiliki kesempatan untuk menguasai kembali level-level ini dengan cara yang saya maksudkan agar mereka terlihat dan berperilaku adalah ceri yang bagus di atasnya.”

Nyalakan kembali level dengan pencahayaan yang dilacak jalur realistis di RTX Remix.

“Alat RTX Remix sangat kuat dan hampir terlihat ajaib bagi saya,” kata Grevet. “Kemampuan untuk menangkap bagian mana pun dari sebuah game, memuatnya dalam alat 3D dan memotongnya seolah-olah ini dilakukan menggunakan editor level game asli adalah hal yang gila.”

Memalukan detail terakhir di RTX Remix.

Ambil Portal: Prelude RTX gratis untuk pemilik Portal di Steam.

Pengubah game David “Kralich” Driver-Gomm dan Nicolas “NykO18” Grevet.

Lihat Grevet dan Driver-Gomm di Twitter.

Ikuti NVIDIA Studio di Instagram, Twitter, dan Facebook. Akses tutorial di saluran YouTube Studio dan dapatkan pembaruan langsung di kotak masuk Anda dengan berlangganan buletin Studio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *