Setelah lama absen selama delapan tahun, Konami menghadirkan kembali seri Metal Gear Solid-nya dalam bentuk Master Collection yang menggabungkan tiga cicilan jalur utama bersama dengan banyak fitur bonus. Ini adalah pertama kalinya game-game ini dapat dimainkan secara native di PS5, dengan iterasi sebelumnya hanya tersedia melalui streaming atau di konsol retro. Dengan demikian, ini mungkin pertama kalinya Anda bermain mengalami seri siluman.

The Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1 rilis untuk PS5 pada 24 Oktober 2023, dan panduan ini berfungsi untuk mencakup semua game yang disertakan serta apa yang harus dimainkan terlebih dahulu. Kami akan memberikan ikhtisar dari setiap game dan versi apa yang akan Anda mainkan dan kemudian menyarankan urutan permainan yang disarankan. Kami juga akan menyentuh kemungkinan Vol. 2.

Di halaman ini:

  1. Metal Gear Solid: Master Collection: Termasuk Semua Game
  2. Metal Gear Solid: Master Collection: Yang Harus Dimainkan Terlebih Dahulu
  3. Metal Gear Solid: Koleksi Master: Akankah Ada Vol. 2?

Kami akan memulai panduan ini dengan memberikan ikhtisar singkat dari setiap game yang termasuk dalam Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1, membagikan apa yang diharapkan dari mereka, versi apa yang disediakan, dan detail penting lainnya.

Gear besi padat

Versi Termasuk Tanggal Rilis Asli Bonus Karakter yang Dapat Dimainkan Termasuk versi PS1 3 September 1998

Ular Padat

Misi VR, Misi Khusus, Novel Grafis Digital, Buku Skenario, Buku Master, Soundtrack Digital

Metal Gear Solid pertama adalah tempat dimulainya kecintaan banyak penggemar terhadap seri Konami, pertama kali dirilis di PS1 pada bulan September 1998. Ini adalah versi yang dihadirkan dalam Master Collection Vol. 1; itu bukan remaster dalam bentuk apa pun. Menampilkan audio, visual, dan desain gameplay PS1, Anda akan mengalami kisah Shadow Moses seperti yang dimaksudkan semula. Namun, untuk pertama kalinya, Metal Gear Solid akan menyertakan Trofi.

Metal Gear Solid 2: Anak Kebebasan

Versi Termasuk Tanggal Rilis Asli Bonus Karakter yang Dapat Diputar Termasuk remaster PS3

  • 13 November 2001 (versi PS2)
  • 8 November 2011 (PS3 remaster)

Solid Snake, Raiden Metal Gear Solid 2: Penambahan zat, Novel Grafis Digital, Buku Skenario, Buku Master

Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty yang termasuk dalam PS5 Master Collection didasarkan pada versi yang termasuk dalam PS3 HD Collection, yang membuat ulang Metal Gear Solid 2: Substance. Akibatnya, Anda akan berurusan dengan grafik era PS3 karena Solid Snake dan Raiden membintangi penerus Metal Gear Solid. Terbagi di seluruh bab Tanker dan Tanam, gim ini menampilkan salah satu pengalih karakter terbesar saat itu. Sudah menjadi rahasia umum pada saat ini, tetapi Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty tetap menjadi salah satu angsuran terbaik dari seri ini.

Metal Gear Solid 3: Pemakan Ular

Versi Termasuk Tanggal Rilis Asli Bonus Karakter yang Dapat Diputar Termasuk remaster PS3

  • 17 November 2004 (versi PS2)
  • 8 November 2011 (PS3 remaster)

Big Boss / Naked Snake Metal Gear Solid 3: Penambahan subsistensi, Buku Skenario, Buku Master

Sama seperti Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, tindak lanjutnya juga didasarkan pada remaster PS3 yang ditemukan di Koleksi HD. Ini menampilkan semua konten bonus dari Metal Gear Solid 3: Subsistence, dan bertindak sebagai asal dari keseluruhan seri, membawa semuanya kembali ke tahun 1960-an untuk dimainkan sebagai Big Boss. Banyak penggemar berpendapat ini adalah yang terbaik dari kelompok itu, jadi ini adalah prospek yang menarik tepat di akhir permainan seri dalam batas Koleksi Master.

Perlengkapan Logam

Versi Termasuk Tanggal Rilis Asli Bonus Karakter yang Dapat Dimainkan Termasuk NES / Famicom 13 Juli 1987 Buku Skenario Solid Snake, Buku Master

Sebelum ada Metal Gear Solid, ada Metal Gear. Pertama kali dirilis di NES, Master Collection menghormati akarnya dengan memungkinkan Anda merasakan asal-usul serial tersebut. Dimainkan dari perspektif top-down, game-game ini sangat berbeda dari entri Metal Gear Solid, tetapi mereka penting untuk melanjutkan cerita dari Metal Gear Solid 3: Snake Eater. Namun, ini bukan permainan yang penting.

Metal Gear 2: Ular Padat

Versi Termasuk Tanggal Rilis Asli Bonus Karakter yang Dapat Dimainkan Termasuk MSX2 20 Juli 1990 Buku Skenario Solid Snake, Buku Master

Metal Gear menerima sekuel langsung dalam bentuk Metal Gear 2: Solid Snake tiga tahun kemudian di MSX2. Solid Snake sekali lagi menghadirkan pengalaman top-down yang sebenarnya tidak perlu Anda mainkan. Jika Anda penasaran, bagus sekali Master Collection menyertakan judul-judul klasik ini, tetapi lebih mudah untuk mengikutinya di YouTube. Tetap saja, Metal Gear 2: Solid Snake meletakkan dasar untuk angsuran masa depan seperti Metal Gear Solid.

Metal Gear: Pembalasan Ular

Versi Termasuk Tanggal Rilis Asli Bonus Karakter yang Dapat Dimainkan Termasuk NES April 1990 Solid Snake Tidak ada

Metal Gear: Snake’s Revenge tidak dikerjakan oleh pembuat seri Hideo Kojima, jadi tidak dianggap kanon. Ini hanyalah penyertaan yang rapi dari Koleksi Master; sekuel sebenarnya dari Metal Gear adalah Metal Gear 2: Solid Snake, bukan ini. Mainkan jika Anda suka, tetapi Anda tidak akan melewatkan banyak hal.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memainkan game yang termasuk dalam Metal Gear Solid: Master Collection: dalam urutan rilis atau dalam urutan kronologis. Untuk pengalaman terbaik dan lebih kohesif, kami sarankan untuk memainkan franchise ini dalam urutan rilis. Dengan demikian, ini adalah rute melalui rangkaian yang kami sarankan untuk diambil:

  1. Gear besi padat
  2. Metal Gear Solid 2: Anak Kebebasan
  3. Metal Gear Solid 3: Pemakan Ular

Sementara Metal Gear, Metal Gear 2: Solid Snake, dan Metal Gear: Snake’s Revenge dirilis lebih dulu, beberapa di antaranya tidak lagi dianggap kanon sementara yang lain sangat kuno. Pertimbangkan untuk memainkannya setelah Anda memahami plot dari tiga game pertama.

Urutan kronologis adalah yang terbaik setelah Anda sudah terbiasa dengan ceritanya. Jika Anda ingin memainkan game dalam urutan kronologis — dengan kata lain, urutan tahun terjadinya — maka inilah urutan yang Anda butuhkan:

  1. Metal Gear Solid 3: Pemakan Ular (1964)
  2. Perlengkapan Logam (1995)
  3. Metal Gear: Snake’s Revenge (1998 — bukan kanon)
  4. Metal Gear 2: Ular Padat (1999)
  5. Perlengkapan Logam Padat (2005)
  6. Metal Gear Solid 2: Anak Kebebasan (2007 — 2009)

Mengingat fakta Konami telah menempatkan Vol. 1 di akhir Metal Gear Solid: Master Collection, sepertinya akan ada Vol. 2 di masa depan. Namun, tidak ada konfirmasi resmi yang dibagikan pada saat penulisan. Ada desas-desus, yang mengarah ke koleksi kedua yang berisi Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain (mungkin dengan Ground Zero yang dibundel), dan Metal Gear Solid Peace Walker.

Secara umum, beberapa kemungkinan untuk Vol. 2 adalah:

Apakah Anda akan memainkan seri Metal Gear Solid untuk pertama kalinya dengan Koleksi Master, atau apakah Anda ingin memulai permainan lain dari waralaba klasik? Bagikan rencana Anda di komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *